KHUTBAH JUM’AT : KEJERNIHAN HATI MENGGAPAI KEBAHAGIAAN

 

 

 

 

KHUTBAH JUM’AT

 KEJERNIHAN HATI MENGGAPAI KEBAHAGIAAN

Oleh : ANIS PURWANTO

 

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًا مُرْشِدًا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَي حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأصَحابهِ اْلأَخْيَارِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

قَالَ تَعَالَي عَزَّ مِنْ قَائِلٍ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. أَمَّا بَعْدُ.

Ma’asyiral Muslimin jamaah jum’ah rokhimakumullah.

Marilah kita panjatkankan puja puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita sekalian, sehingga sampai saat ini pengakuan kita senantiasa menggerakkakan hati kita untuk selalu mengakui kebenaran yang datang dari Allah SWT. Dengan mengakui kebenaran dari Allah SWT secara istiqomah, insya Allah akan menjadikan kita tetap teguh untuk selalu melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, secara konsisten dan konsekuwen. Dengan demikian diharapkan kita dapat memperoleh seluruh keuntungan dari Allah SWT, baik dunia dan di akhirat. Sholawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Ma’asyiral Muslimin jamaah jum’ah rokhimakumullah.

            Mukmin sejati, menurut pandangan Islam adalah mereka yang membenarkan keimanan dengan qalbunya (tasdiqun bil qolb), menyatakan dengan perkataan (taqrir billisani), dan sekaligus merealisasikan keimanannya itu dalam amal nyata (amal bil jawarih). Akan tetapi, Islam sangat menekankan kepada adanya amal nyata, baik dalam bidang amaliyah duniawiyah, terlebih amaliyah keakhiratan. Dan Islam tentunya memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi mereka yang mau melaksanakannya.

            Dengan motivasi ajaran Islam mengenai pentingnya amal nyata inilah, sejak Rasulullah bersama sahabat, telah dikembangkan tradisi amal nyata itu. Salah satu bukti kesempurnaan Islam adalah penekanannya terhadap pengembangan kualitas keimanan dan ketaqwaan, agar dapat memenuhi tugas-tugas kekhalifahannya, memimpin dan memakmurkan bumi.

            Sebagaimana termaktup dalam QS Al-Baqarah ayat 30 :

وَإِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ۬ فِى ٱلۡأَرۡضِ خَلِيفَةً۬‌ۖ قَالُوٓاْ أَتَجۡعَلُ فِيہَا مَن يُفۡسِدُ فِيہَا وَيَسۡفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ‌ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُونَ

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat :”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau ?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Hadirin Jamaah Jum’ah rakhimakumullah.

            Untuk dapat menunaikan tugas kekhalifahan dimaksud, peran qalbu sungguh sangat menentukan. Sebab baik atau buruknya tindakan seseorang, sangat ditentukan oleh qalbu manusia itu. Peran qalbu tersebut amat sangat menarik sebagaimana dilukiskan dengan sangat apik oleh Rasulullah SAW dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, yang artinya :”Sesungguhnya didalam diri manusia itu terdapat segumpal daging sebagai sentral tindakan. Apabila ia baik, maka baiklah seluruh tindakannya, dan apabila ia buruk, maka akan buruklah keseluruhan tindakannya. Itulah qalbu”.

            Demikian pentingnya peran qalbu itu sehingga Allah SWT berulang kali menjelaskan bahwa kesuksesan seseorang amat tergantung pada bagaimana dia mengelola dan memerankan qalbu itu dalam aktifitas sehari-hari. Allah berfirman, sebagaimana yang termaktub dalam Al-Qur’an Surat Asy-Syams ayat 9-10:

قَدۡ أَفۡلَحَ مَن زَكَّٮٰهَا (٩) وَقَدۡ خَابَ مَن دَسَّٮٰهَا

“Sungguh beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sungguh merugilah orang yang mengotorinya”.

Hadirin Jamaah jum’ah rakhimakumullah.

            Hati merupakan salah satu sumber kekuatan yang terdapat dalam ruhani manusia. Sebab ruh manusia mempunyai dua potensi, yaitu potensi akal yang berpusat di kepala dan potensi ruhaniyah, yang berpusat di akal fikiran dan hati.  Kalau daya piker dipertajam oleh dorongan ayat-ayat kauniyah, yakni ayat yang mengandung perintah agar manusia memikirkan, merenungkan dan meneliti alam, maka daya rasa dipertajam melalui ibadah. Misalnya shalat dapat menumbuhkan pada kerendahan hati, puasa dapat menumbuhkan pada kerendahan diri, zakat dapat menumbuhkan dinamika dan kepedulian sosial, haji lebih kepada taqarrub kepada Tuhan dan lebih kepada sifit tasyakur illallah, dan dzikir lebih kepada kedekatan diri kepada Allah SWT.

            Karenanya, inti sari dari semua ibadah dalam Islam adalah pendekatan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Suci, sebab Yang Maha Suci hanya dapat didekati oleh ruhaniyah yang suci pula. Sementara ibadah adalah upaya untuk pensucian jiwa. Semakin suci dan bersih jiwa seseorang, semakin dekat ia kepada Allah SWT. Semakin ia dekat kepada Allah SWT, semakin mungkinlah ia memperoleh kesuksesan, memperoleh keselamatan di dunia dan di akhirat.

Hadirin Jamaah Jum’ah rakhimakumullah.    

Dengan pencerahan jiwa, yang didalamnya dilakukan sejumlah dzikir, maka seseorang akan memperoleh ketenangan dan kearifan. Ketenangan ini memang diprediksi Al-Qur’an dengan amat mengesankan, sebagaimana disebutkan dalam Surat Ar Ro’du ayat 28 :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِ‌ۗ أَلَا بِذِڪۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَٮِٕنُّ ٱلۡقُلُوبُ

“Yaitu orang-orang yang beriman hati mereka menjadi tenteram denganmengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram”.

Akhirnya, pencerahan jiwa akan berpengaruh pada tingkah laku seseorang, sehingga sangat berhati-hati dalam berbicara dan bertindak. Karena sembarangan berbicara akan mendatangkan fitnah dan berbagai konflik. Sehingga pensucian hati ini akan meningkatkan keharmonisan dalam bermasyarakat.

            Dengan demikian insya Allah kita akan selamat di dunia dan akhirat. Amin ya rabbal ‘alamin.

 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KHUTBAH IDUL ADHA BAHASA JAWA 1445 H / 2024 M

KHUTBAH IDUL FITRI BAHASA JAWA 1445 H/2024M

KHUTBAH JUM’AT MENYAMBUT TANGGAL 1 MUHARAM 1447 H : HIJRIYAH UNTUK KITA SEMUA